Budidaya dan Ternak Ikan Cupang Hias Yang Benar

cupang hias

Ikan Cupang Hias – Banyak orang suka dengan ikan hias. Tak heran jika banyak yang rela merogoh kocek untuk mengoleksi dan membudidaya aneka macam ikan hias. Selain untuk dijadikan hiasan jika memang ditekuni ikan hias juga bisa menjadi potensi bisnis yang menjanjikan.

Sudah banyak cerita sukses dari hasil budidaya ikan hias. Namun tak semua ikan hias bernilai ekonomi tinggi. Meski demikian kopi ini tak pernah surut oleh waktu.

Ada banyak jenis ikan hias yang dibudidayakan. seperti misalnya ikan cupang. Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup populer di budidaya di tanah air. Bagi kamu yang ingin tahu cara memelihara ikan cupang hias, berikut ini cara budidaya ikan cupang untuk pemula :

1. Wadah untuk ikan cupang

Kamu bisa pakai wadah apa saja seperti akuarium bahkan pakai toples dan wadah lainnya. Kalau pakai akuarium pilih yang ukurannya sekitar 20 x 15 x15 cm diameternya.

Ikan cupang termasuk ikan yang gampang di budidaya. Sebelum di akuarium yang besar ada yang kecil pun dia tetap hidup karena hidupnya Solitair dan bentuknya kecil.

2. Air untuk ikan cupang hias

Pastikan kamu menggunakan air yang tepat untuk pelihara ikan cupang hias. Sebagai saran bisa gunakan air sumur.

Sebab ikan cupang hias sendiri merupakan jenis ikan air tawar jadi ketika menggunakan air sumur seakan menjadi habitat aslinya. Hal ini akan nyaman.

Tapi kalau tidak menggunakan air sumur atau air sumur tak tersedia bisa juga pakai sumber air lainnya seperti air PAM. Wadah ikan cupang hias sebaiknya di diamkan dulu airnya sebelum dimasukkan ke wadah. Jangan lupa untuk rutin mengganti airnya 3 hari sekali.

3. Makan untuk ikan cupang

Ketika memberi makan cukup taburkan saja makanan ke dalam akuarium. Ikan capung hias biasanya suka makan yang mengambang di atas permukaan air. Beri mereka makanan secara bertahap. kalau pemberian pertama habis kamu bisa tambahkan lagi makanan nya tapi dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang pertama. Jangan sampai kebanyakan karena akan menyisakan sisa makanan yang menjadi kotoran di akuarium. Ini bisa menimbulkan penyakit.

Beri makanan yang baik bagi pertumbuhan ekornya seperti kutu air, dan jentik nyamuk kalau ini dihasilkan ekor ikan cupang yang bagus.

4. Bersihkan wadah ikan cupang

Jangan lupa bersihkan wadah ikan cupang. Ini juga penting dalam merawat ikan. Kalau mengabaikan hal ini ikan tidak akan hidup lama. Tiap ikan cupang cuma bisa bertahan di jenis air yang berbeda kekerasan serta PH airnya. Sebaiknya bersihkan setiap 1 minggu sekali agar warnanya tetap bersih sehingga cupang bisa hidup sehat.

5. Menjemur ikan cupang

Cara memelihara ikan cupang hias yang terakhir, yakni dengan menjemurnya sesekali. Tujuanya untuk bunuh bakteri dan jamur di kulit ikan dan di akuarium. Selain itu, tujuan lainya agar ikan lebih segar. Cara menjemurnya, letakan akuarium di cuaca sedang, tidak terlalu panas tidak terlalu dingin. Untuk ikan cupang hias dengan dominasi warna hitam sebaiknya tak dijemur sebab bisa stres, mungkin karena lebih peka serap cahaya matahari.

Nah itulah tadi informasi tentang tips dan cara merawat ikan cupang hias untuk pemula. bisa dibilang merawatnya gampang-gampang susah. Dengan mengetahui beberapa tips diatas sekarang kamu bisa mencoba memeliharanya di rumah. semoga berhasil. Sumber : cupang Avatar gordon